#resepbundaku

posts and images

. .☑️SENTUH LOVE ❤️ DULU BUN , 😘 💕PETISAN_BUAH By @Echi_raffani2016
.
Cabe rawit +kacang tanah goreng+ terasi sedikit +garam sedikit,  Truz  Ulek Ulek tambahkan gula merahnya  giling lagi dan Biar tambah seger  3 iris jambu air  ikut digiling ya moms. Campur petisan dengan Nanas, Jambu dan timun  Jadi dech PETISAN yang Bikin Seger disiang hari.....Cocol dulu akh...🤤,
☑️ FOLLOW 👉@resepjajanankekinian
☑️ FOLLOW 👉@resepjajanankekinian

SELAMAT MENCOBA 👌

. .☑️SENTUH LOVE ❤️ DULU BUN , 😘 💕PETISAN_BUAH By @Echi_raffani2016 . Cabe rawit +kacang tanah goreng+ terasi sedikit +garam sedikit, Truz Ulek Ulek tambahkan gula merahnya giling lagi dan Biar tambah seger 3 iris jambu air ikut digiling ya moms. Campur petisan dengan Nanas, Jambu dan timun Jadi dech PETISAN yang Bikin Seger disiang hari.....Cocol dulu akh...🤤, ☑️ FOLLOW 👉@resepjajanankekinian ☑️ FOLLOW 👉@resepjajanankekinian SELAMAT MENCOBA 👌

☑️SENTUH LOVE ❤️ DULU BUN , 😘
.⁣ • • • • •
.
.
AYAM SAMBAL PENYET
by @linagui.kitchen
-
Bahan :
1 ekor Ayam Kampung / broiler kecil (potong 4 bagian)
1 buah Jeruk nipis
2 batang Sereh (ambil putihnya dan geprek)
5 lembar Daun jeruk (sobek-sobek)
2 lembar Daun Salam
2 ruas Lengkuas (geprek)
2 sdm Air asam jawa
250 ml Air
1 sdt Garam
2 sdt Kaldu bubuk (sy kaldu jamur totole)
2 sdt Gula pasir
1/4 sdt Lada bubuk

Bahan bumbu halus :
8 siung Bawang merah
4 siung Bawang putih
3 butir Kemiri (sangrai)
2 ruas Kunyit (bakar)
1/2 sdm Ketumbar (sy pakai bubuk)

Cara membuat :
1. Lumuri ayam dengan air perasan jeruk nipis, diamkan 10 menit, kemudian bilas dengan air mengalir hingga bersih.
2. Masukkan ayam ke dalam wajan. Tuang bumbu yang sudah dihaluskan, daun salam, daun jeruk, sereh, lengkuas, air asam jawa, garam, kaldu jamur, gula, lada bubuk dan tuang air.
3. Ungkep ayam sampai empuk dan bumbu meresap/kering (gunakan api sedang)
4. Setelah selesai diungkep, angkat & dinginkan
5. Goreng dalam minyak panas hingga matang

Bahan Sambal Penyet :
6 buah Cabe merah besar
3 buah Cabe rawit (selera)
1 buah Tomat merah ukuran kecil (potong-potong)
4 siung Bawang merah
2 siung Bawang putih
1 bgks Terasi sachetan yang 2gr
1/4 sdt Garam
1 sdt Kaldu jamur
1 sdt Gula merah (iris) / gula pasir
1 buah Jeruk limo
 Minyak goreng

Tuang minyak, tumis / goreng semua bahan sambal : tomat, cabe merah, cabe rawit,bawang merah, bawang putih, terasi hingga layu
Angkat, ulek halus atau kasar sesuai selera
Tambahkan garam, gula, kaldu jamur dan terakhir beri sedikit perasan air jeruk limo

Letakkan ayam di cobek yg berisi sambal, penyet2 ayam atau tekan hingga gepeng & tercampur dgn bumbu sambal.
.
.
.
☑️ FOLLOW 👉@resepjajanankekinian
☑️ FOLLOW 👉@resepjajanankekinian

SELAMAT MENCOBA 👌

☑️SENTUH LOVE ❤️ DULU BUN , 😘 .⁣ • • • • • . . AYAM SAMBAL PENYET by @linagui.kitchen - Bahan : 1 ekor Ayam Kampung / broiler kecil (potong 4 bagian) 1 buah Jeruk nipis 2 batang Sereh (ambil putihnya dan geprek) 5 lembar Daun jeruk (sobek-sobek) 2 lembar Daun Salam 2 ruas Lengkuas (geprek) 2 sdm Air asam jawa 250 ml Air 1 sdt Garam 2 sdt Kaldu bubuk (sy kaldu jamur totole) 2 sdt Gula pasir 1/4 sdt Lada bubuk Bahan bumbu halus : 8 siung Bawang merah 4 siung Bawang putih 3 butir Kemiri (sangrai) 2 ruas Kunyit (bakar) 1/2 sdm Ketumbar (sy pakai bubuk) Cara membuat : 1. Lumuri ayam dengan air perasan jeruk nipis, diamkan 10 menit, kemudian bilas dengan air mengalir hingga bersih. 2. Masukkan ayam ke dalam wajan. Tuang bumbu yang sudah dihaluskan, daun salam, daun jeruk, sereh, lengkuas, air asam jawa, garam, kaldu jamur, gula, lada bubuk dan tuang air. 3. Ungkep ayam sampai empuk dan bumbu meresap/kering (gunakan api sedang) 4. Setelah selesai diungkep, angkat & dinginkan 5. Goreng dalam minyak panas hingga matang Bahan Sambal Penyet : 6 buah Cabe merah besar 3 buah Cabe rawit (selera) 1 buah Tomat merah ukuran kecil (potong-potong) 4 siung Bawang merah 2 siung Bawang putih 1 bgks Terasi sachetan yang 2gr 1/4 sdt Garam 1 sdt Kaldu jamur 1 sdt Gula merah (iris) / gula pasir 1 buah Jeruk limo Minyak goreng Tuang minyak, tumis / goreng semua bahan sambal : tomat, cabe merah, cabe rawit,bawang merah, bawang putih, terasi hingga layu Angkat, ulek halus atau kasar sesuai selera Tambahkan garam, gula, kaldu jamur dan terakhir beri sedikit perasan air jeruk limo Letakkan ayam di cobek yg berisi sambal, penyet2 ayam atau tekan hingga gepeng & tercampur dgn bumbu sambal. . . . ☑️ FOLLOW 👉@resepjajanankekinian ☑️ FOLLOW 👉@resepjajanankekinian SELAMAT MENCOBA 👌

Ayam Goreng Saos inggris .
by @ayuaudrey91
.

Bahan
10 paha ayam potong bagi 2 bagian..cuci bersih
5 siung bawang putih tumbuk halus
4 jeruk limo peras ambil airnya
1sdt garam
1sdm kecap inggris
Aduk..biarkan meresap sekitar 1 jam

Siapkan bumbu2 =
5 siung bawang putih haluskan
2sdm margarin

Siapkan mangkuk =
250cc air
4 buah jeruk limo peras...ambil airnya 
1sdm minyak wijen
1/2 sdt garam
3sdm saos tomat
2sdm saos cabe
1sdm kecap manis
1sdm kecap inggris
1sdm gula pasir
Aduk jadi 1..sisihkan.
.
.
Cara
Panaskan minyak..goreng ayam sampai garing. Angkat...sisihkan.

Siapkan wajan...masukkan margarin...tumis bawang putih sampai harum. Masukkan adukan saos...biarkan sampai mendidih. Test rasa...masukkan ayam goreng aduk sampai agak kering. Siap disajikan.

Ayam Goreng Saos inggris . by @ayuaudrey91 . Bahan 10 paha ayam potong bagi 2 bagian..cuci bersih 5 siung bawang putih tumbuk halus 4 jeruk limo peras ambil airnya 1sdt garam 1sdm kecap inggris Aduk..biarkan meresap sekitar 1 jam Siapkan bumbu2 = 5 siung bawang putih haluskan 2sdm margarin Siapkan mangkuk = 250cc air 4 buah jeruk limo peras...ambil airnya 1sdm minyak wijen 1/2 sdt garam 3sdm saos tomat 2sdm saos cabe 1sdm kecap manis 1sdm kecap inggris 1sdm gula pasir Aduk jadi 1..sisihkan. . . Cara Panaskan minyak..goreng ayam sampai garing. Angkat...sisihkan. Siapkan wajan...masukkan margarin...tumis bawang putih sampai harum. Masukkan adukan saos...biarkan sampai mendidih. Test rasa...masukkan ayam goreng aduk sampai agak kering. Siap disajikan.

☑️SENTUH LOVE ❤️ DULU BUN , 😘
.⁣
.
Temen-temen IG ada yang bisa makan nasi pake lauk ini aja? sambel terasi pedes, tempe goreng & rebusan buncis?
Konon kalo lagi laper berat apa aja enak yaaa.. makan nasi pake kecap & krupuk aja juga nikmat tiada tara, yang penting banyakin syukurnya.... Alhamdulillah masih bisa makan... ada menu yang kurang? 😅
.
.
SAMBEL TERASI 
Credit by @aras_galeri

Bahan
5 cabe merah kriting
5 cabe hijau kriting
10 cabe rawit ijo
5 cabe rawit merah
1 tomat merah
1/2 sdt terasi goreng
1 sdt gula pasir (bisa ganti gula jawa)
Garam

Caranya
Goreng semua cabe & tomat, lalu ulek kasar + garam, terasi & gula pasir, tetesi air jeruk limo, kalo biasa pake penyedap silahkan saja, tapi gula garam aja udah enak banget,
☑️ FOLLOW 👉@resepjajanankekinian
☑️ FOLLOW 👉@resepjajanankekinian

SELAMAT MENCOBA 👌

☑️SENTUH LOVE ❤️ DULU BUN , 😘 .⁣ . Temen-temen IG ada yang bisa makan nasi pake lauk ini aja? sambel terasi pedes, tempe goreng & rebusan buncis? Konon kalo lagi laper berat apa aja enak yaaa.. makan nasi pake kecap & krupuk aja juga nikmat tiada tara, yang penting banyakin syukurnya.... Alhamdulillah masih bisa makan... ada menu yang kurang? 😅 . . SAMBEL TERASI Credit by @aras_galeri Bahan 5 cabe merah kriting 5 cabe hijau kriting 10 cabe rawit ijo 5 cabe rawit merah 1 tomat merah 1/2 sdt terasi goreng 1 sdt gula pasir (bisa ganti gula jawa) Garam Caranya Goreng semua cabe & tomat, lalu ulek kasar + garam, terasi & gula pasir, tetesi air jeruk limo, kalo biasa pake penyedap silahkan saja, tapi gula garam aja udah enak banget, ☑️ FOLLOW 👉@resepjajanankekinian ☑️ FOLLOW 👉@resepjajanankekinian SELAMAT MENCOBA 👌

LAPIS LEGIT GULUNG
Source @chef_pinggiran

Bahan A =
10 butir kuning telur 
100 gram gula halus
1/4 sdt vanili

Bahan B =
85 Gram Anchor
60 gram blueband ( aku pake Cake & cookie )
2 sdm susu kental manis putih

Bahan C =
30 gram terigu kunci biru
1/2 sdm maizena
1 sdm susu bubuk full cream 
Caranya =

Mixer bahan B sampai ringan dan putih sekitar 10 mnt. Sisihkan.

Mixer bahan A dengan kecepatan tinggi sekitar 15 mnt sampai adonan mengembang dan kental.

Masukkan terigu dan susu bubuk berselang seling dengan kocokan mentega je adonan A. Boleh dengan bantuan spatula. Atau dengan mixer tp dengan kecepatan terendah aja.

Siapkan loyang ukuran 24x24 atau 26x26cm yg sdh dialasi kertas minyak dan olesi sedikit mentega dan taburan terigu tipis.

Tuang adonan...
Dengan resep diatas bisa utk 2 loyang . 
Ratakan adonan.
Panggang ... Panaskan oven selalu sblm dipakai ya.
Utk oven listrik aku hanya kisaran 15 mnt panasinnya.
Utk oven gas kisaran 10mnt.

Utk oven listrik gunakan api atas bawah kisaran 180deajat.
Utk oven gas ...panaskan api bawah 150 derajat. Sekitar 5mnt...matikan...masukkan loyang ...nyalakan api atas..suhu 120 derajat aja.

Matang...keluarkan dr loyang. Oles rata dengan selai nanas....( repot bikin ? Recomend boleh ke @dapoerjgc ) gulung sambil agak dipadatkan.

Biarkan kue dalam gulungan beberapa saat. Aku inapkan biasanya karena bikin selalu sempatnya malam. Esok paginya tinggal buka dari gulungan siap dipotong2 deh.

LAPIS LEGIT GULUNG Source @chef_pinggiran Bahan A = 10 butir kuning telur 100 gram gula halus 1/4 sdt vanili Bahan B = 85 Gram Anchor 60 gram blueband ( aku pake Cake & cookie ) 2 sdm susu kental manis putih Bahan C = 30 gram terigu kunci biru 1/2 sdm maizena 1 sdm susu bubuk full cream Caranya = Mixer bahan B sampai ringan dan putih sekitar 10 mnt. Sisihkan. Mixer bahan A dengan kecepatan tinggi sekitar 15 mnt sampai adonan mengembang dan kental. Masukkan terigu dan susu bubuk berselang seling dengan kocokan mentega je adonan A. Boleh dengan bantuan spatula. Atau dengan mixer tp dengan kecepatan terendah aja. Siapkan loyang ukuran 24x24 atau 26x26cm yg sdh dialasi kertas minyak dan olesi sedikit mentega dan taburan terigu tipis. Tuang adonan... Dengan resep diatas bisa utk 2 loyang . Ratakan adonan. Panggang ... Panaskan oven selalu sblm dipakai ya. Utk oven listrik aku hanya kisaran 15 mnt panasinnya. Utk oven gas kisaran 10mnt. Utk oven listrik gunakan api atas bawah kisaran 180deajat. Utk oven gas ...panaskan api bawah 150 derajat. Sekitar 5mnt...matikan...masukkan loyang ...nyalakan api atas..suhu 120 derajat aja. Matang...keluarkan dr loyang. Oles rata dengan selai nanas....( repot bikin ? Recomend boleh ke @dapoerjgc ) gulung sambil agak dipadatkan. Biarkan kue dalam gulungan beberapa saat. Aku inapkan biasanya karena bikin selalu sempatnya malam. Esok paginya tinggal buka dari gulungan siap dipotong2 deh.

TAP 💓💓💓 dulu ya Bun, jika suka dengan resep ini...
• • • • • •
RICA RICA AYAM
Source by @meibasuki
Recook by @intanpurnamasari81
.⁣
Bahan:
1 ekor/600 gr ayam broiler, sy tambah telur rebus 2 biji. Lebih enak klo ayam kampung sebenarnya.. *potong ayam kecil2 saja, beri perasan jeruk nipis dan 1/4 sdt garam, sisihkan
.
Bumbu halus:
20 siung bawang merah
7 siung bawang putih
6 buah cabe merah besar
*sy buang bijinya
Cabe rawit secukupnya. *sy ga pake krn anak sy ga suka pedas
2 cm kunyit
4 cm kencur
4 cm jahe
4 butir kemiri, goreng dulu
.
Bumbu cemplung:
1/2 sdm gula merah/sesuai selera
Sejempol besar lengkuas, geprek
2 batang sereh , geprek
2 lembar daun jeruk angka 8
1 lembar daun salam
.
Bumbu lainnya
6 sdm kecap manis/sesuai selera
1 sdt lada bubuk
Garam
.
250 ml air panas

2 sdm santan instant
*boleh diskip
.
Cara membuatnya:
1. Panaskan secukupnya minyak goreng untuk menumis
2. Tumis bumbu halus dan bumbu cemplung sampai wangi, matang & berminyak
3. Masukkan kecap manis di pinggiran bumbu mengenai minyak goreng. Tunggu sebentar sampai kecap mendidih. Aduk
4. Masukkan santan instant, jika pake, aduk
5. Masukkan ayam (air jeruk nipisnya jgn diikutkan ya). Masak ayam sampai kaku
6. Masukkan air panas, aduk
7. Masukkan lada & garam
8. Masak sampai bumbu berminyak
9. Masukkan kaldu bubuk
10. Kecilkan api, biarkan beberapa saat sampai bumbu benar2 meresap atau klo mau sampai mengering sesuai selera masing2. Klo sy suka sedikit berkuah

TAP 💓💓💓 dulu ya Bun, jika suka dengan resep ini... • • • • • • RICA RICA AYAM Source by @meibasuki Recook by @intanpurnamasari81 .⁣ Bahan: 1 ekor/600 gr ayam broiler, sy tambah telur rebus 2 biji. Lebih enak klo ayam kampung sebenarnya.. *potong ayam kecil2 saja, beri perasan jeruk nipis dan 1/4 sdt garam, sisihkan . Bumbu halus: 20 siung bawang merah 7 siung bawang putih 6 buah cabe merah besar *sy buang bijinya Cabe rawit secukupnya. *sy ga pake krn anak sy ga suka pedas 2 cm kunyit 4 cm kencur 4 cm jahe 4 butir kemiri, goreng dulu . Bumbu cemplung: 1/2 sdm gula merah/sesuai selera Sejempol besar lengkuas, geprek 2 batang sereh , geprek 2 lembar daun jeruk angka 8 1 lembar daun salam . Bumbu lainnya 6 sdm kecap manis/sesuai selera 1 sdt lada bubuk Garam . 250 ml air panas 2 sdm santan instant *boleh diskip . Cara membuatnya: 1. Panaskan secukupnya minyak goreng untuk menumis 2. Tumis bumbu halus dan bumbu cemplung sampai wangi, matang & berminyak 3. Masukkan kecap manis di pinggiran bumbu mengenai minyak goreng. Tunggu sebentar sampai kecap mendidih. Aduk 4. Masukkan santan instant, jika pake, aduk 5. Masukkan ayam (air jeruk nipisnya jgn diikutkan ya). Masak ayam sampai kaku 6. Masukkan air panas, aduk 7. Masukkan lada & garam 8. Masak sampai bumbu berminyak 9. Masukkan kaldu bubuk 10. Kecilkan api, biarkan beberapa saat sampai bumbu benar2 meresap atau klo mau sampai mengering sesuai selera masing2. Klo sy suka sedikit berkuah

SATE AYAM MANIS⁣
by @debbie_ariesthea⁣
⁣
Bahan:⁣
500 gr Dada ayam, iris panjang⁣
⁣
Bumbu halus:⁣
8 bh Bawang merah⁣
5 siung Bawang putih⁣
3 cm Laos⁣
1 sdm Ketumbar⁣
3 btr Kemiri⁣
Secukupnya Gula merah, iris halus⁣
2 sdm Madu⁣
Kecap manis, kaldu jamur, garam, merica, gula pasir (secukupnya saja kalo dirasa asin manisnya sdh pas, tapi rasa cenderung ke manis yah)⁣
⁣
Bumbu oles:⁣
Margarin, kecap manis (campur jadi satu)⁣
⁣
Cara membuat :⁣
1. Haluskan semua bumbu.⁣
2. Campur bumbu halus ke irisan ayam, biarkan meresap minimal 15 menit atau bole didiamkan semalaman dikulkas biar tambah meresap bumbunya (jadi bikinnya dr malem besok baru ditusuk2 dan bakar).⁣
3. Cuci dulu lidi sate, tusuk daging ayam dengan tusuk sate, lalu bakar sambil dioles2 campuran margarin dan kecap manis dan bolak balik satenya, sampai matangnya merata.⁣
⁣
SELAMAT MENCOBA!⁣⁣

SATE AYAM MANIS⁣ by @debbie_ariesthea⁣ ⁣ Bahan:⁣ 500 gr Dada ayam, iris panjang⁣ ⁣ Bumbu halus:⁣ 8 bh Bawang merah⁣ 5 siung Bawang putih⁣ 3 cm Laos⁣ 1 sdm Ketumbar⁣ 3 btr Kemiri⁣ Secukupnya Gula merah, iris halus⁣ 2 sdm Madu⁣ Kecap manis, kaldu jamur, garam, merica, gula pasir (secukupnya saja kalo dirasa asin manisnya sdh pas, tapi rasa cenderung ke manis yah)⁣ ⁣ Bumbu oles:⁣ Margarin, kecap manis (campur jadi satu)⁣ ⁣ Cara membuat :⁣ 1. Haluskan semua bumbu.⁣ 2. Campur bumbu halus ke irisan ayam, biarkan meresap minimal 15 menit atau bole didiamkan semalaman dikulkas biar tambah meresap bumbunya (jadi bikinnya dr malem besok baru ditusuk2 dan bakar).⁣ 3. Cuci dulu lidi sate, tusuk daging ayam dengan tusuk sate, lalu bakar sambil dioles2 campuran margarin dan kecap manis dan bolak balik satenya, sampai matangnya merata.⁣ ⁣ SELAMAT MENCOBA!⁣⁣

🍠KUE MOHO UBI UNGU💜
Made by @merilimatmaja
.⁣⁣⁣
Bunda Suka Bikin Kue?⁣⁣ Yuk Follow :
⏩FOLLOW @resepkuehlezat ⁣⁣
⏩FOLLOW @resepkuehlezat ⁣⁣
⏩FOLLOW @resepkuehlezat ⁣⁣
.
.
Warna asli dr ubi ungu nya ya😍 
Resep
Bahan biang:
🍠1/2sdt ragi,40gr t.terigu,1/2sdm gula pasir,50ml air
💜Cara: campur semua bahan aduk rata,diamkan 1/2jam/sampai kelhtan ada gelembung2 nya

Bahan A:
🍠200gr gula, 1butir telur,100ml santan kental(direbus bersama daun pandan dan dinginkan), 1/4sdt garam, 1/4sdt vanila,225gr ubi ungu(rebus dan haluskan). Bahan B:
💜200gr tepung kunci biru

Cara
🍠campur bahan A, kocok dgn whisk sampai rata lalu tuang bahan biang aduk rata
💜masukkan bahan B sedikit2 hingga tercampur rata, diamkan 2jam hingga kembang
🍠panaskan kukusan, aduk adonan seblm dituang ke paper cup. Tuang adonan 3/4 saja, kukus selama 15menit dgn api bsr dan selama pengukusan tutup panci jgn di buka spy mekar nya maximal.

🍠KUE MOHO UBI UNGU💜 Made by @merilimatmaja .⁣⁣⁣ Bunda Suka Bikin Kue?⁣⁣ Yuk Follow : ⏩FOLLOW @resepkuehlezat ⁣⁣ ⏩FOLLOW @resepkuehlezat ⁣⁣ ⏩FOLLOW @resepkuehlezat ⁣⁣ . . Warna asli dr ubi ungu nya ya😍 Resep Bahan biang: 🍠1/2sdt ragi,40gr t.terigu,1/2sdm gula pasir,50ml air 💜Cara: campur semua bahan aduk rata,diamkan 1/2jam/sampai kelhtan ada gelembung2 nya Bahan A: 🍠200gr gula, 1butir telur,100ml santan kental(direbus bersama daun pandan dan dinginkan), 1/4sdt garam, 1/4sdt vanila,225gr ubi ungu(rebus dan haluskan). Bahan B: 💜200gr tepung kunci biru Cara 🍠campur bahan A, kocok dgn whisk sampai rata lalu tuang bahan biang aduk rata 💜masukkan bahan B sedikit2 hingga tercampur rata, diamkan 2jam hingga kembang 🍠panaskan kukusan, aduk adonan seblm dituang ke paper cup. Tuang adonan 3/4 saja, kukus selama 15menit dgn api bsr dan selama pengukusan tutup panci jgn di buka spy mekar nya maximal.

©Instagimg | Best Instagram online viewer
About - Privacy Policy - Terms of Service - FAQ - Remove Account
This site uses the Instagram API but is not endorsed or certified by Instagram. All Instagram™ logos and trademarks displayed on this applicatioin are property of Instagram.